Selasa, 23 Februari 2010

Gerakan - Gerakan Pembaharuan Pendidkan



Dari referensi yang penulis temukan ada beberapa Gerakan - Gerakan Pembaharuan dalam Pendidikan.
  • Esensialisme
  • Parennialisme 
Esensialisme modern dalam pendidikan adalah gerakan pendidikan yang memprotes terhadap skeptisisme dan sinisme dari gerakan Progresivisme terhadap nilai-nilai yang tertanam dalam warisan budaya/sosial. Menurut Esensialisme, nilai-nilai yang tertanam dalam warisan budaya/sosial adalah nilai-nilai kemanusiaan yang terbentuk secara berangsur-angsur dengan melalui kerja keras dan susah payah selama beratus tahun, dan di dalamnya telah teruji dalam gagasan-gagasan dan cita-cita yang telah teruji dalam perjalanan waktu.
Perennialisme adalah gerakan pendidikan yang memprotes terhadap gerakan Pendidikan Progresivisme yang mengingkari supernatural. Perennialisme adalah gerakan pendidikan yang mempertahankan bahwa nilai-nilai universal itu ada, dan bahwa pendidikan hendaknya merupakan suatu pencarian dan penanaman kebenaran-kebenaran dan nilai-nilai tersebut.

Mudyahardjo, Redja, “PENGANTAR PENDIDIKAN”, PT Raja Grafindo, Jakarta 2002

Selengkapnya silahkan tanyakan pada bapak dan ibu dosen masing - masing. Atau kunjungi mol - mol terdekat (eh maap..., Perpustakaan terdekat maksudnya)

Atau silahkan klik aja di SINI 

Selamat mencoba kawan-kawan..., kckckc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar