Kamis, 09 Agustus 2012

Jadikan Ospek Lebih Humanis

Selama ini Ospek merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap kampus pada awal tahun ajaran baru. Kegiatan Ospek bertujuan untuk mengorientasi dan memperkenalkan para mahasiswa baru terkait lingkungan kampus dan segala peraturan yang ada. 

Namun nyatanya kegiatan Ospek kini justru menjadi momok yang menakutkan bagi para mahasiswa baru. Hal ini dikarenakan banyak kegiatan Ospek yang menjurus pada perpeloncoan hingga bahkan tindakan kekerasan. Bagaimanapun kegiatan 

Ospek selama ini dirasa memang diperlukan. Sebab kegiatan itu sebagai pengenalan dan pembekalan bagi para mahasiswa baru dalam menyelami kehidupan kampus nantinya. Hanya saja memang masih perlu ada pembenahan pada praktik kegiatan Ospek di kampus-kampus. 

Kegiatan Ospek mestinya haruslah lebih humanis dan edukatif. Hindari aksi-aksi kekerasan maupun perpeloncoan. Karena di samping menimbulkan rasa dendam hal itu juga akan menyisakan luka dan trauma secara psikologis. 

Kegiatan Ospek yang humanis adalah kegiatan Ospek yang lebih ditekankan pada pembentukan karakter mahasiswa baru. Tentunya akan diwarnai dengan kegiatan-kegiatan yang edukatif dan menyenangkan. 

Termasuk di dalamnya adalah bagaimana membangkitkan rasa nasionalisme dan membentengi para mahasiswa baru dari ideology-ideology radikal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar