Jumat, 10 Agustus 2012

Wujudkan Cita-Cita Bangsa! (Renungan HUT RI Ke-67)

17 Agustus 2012 ini akan genap sudah 67 tahun Indonesia merdeka. Namun waktu yang demikian lama itu ternyata belum mampu mendewasakan bangsa ini. Terlalu banyak energy bangsa ini yang terbuang sia-sia hanya untuk saling menyalahkan, saling bermusuhan, saling fitnah, saling menjatuhkan dan sebagainya. 

Terkadang begitu mudahnya bangsa ini diadu domba oleh pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggungjawab. Hingga terjadilah perang antar saudara sebangsa yang kerap tidak kita sadari. Sudah cukup banyak nyawa yang melayang sia-sia akibat pertikaian antar kelompok/etnis. Sungguh ironis dan memalukan sekali. 

Semestinya melalui peringatan HUT kemerdekaan ini mampu mengingatkan kita semua akan cita-cita para the founding fathers yang hingga kini belum tercapai sepenuhnya. Cita-cita the founding fathers tersebut dengan jelas tertuang dalam Pembukaan UUD 1945. Yang antara lain yaitu: melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta turut menciptakan perdamaian dunia. 

Cita-cita the founding fathers tersebut kini menjadi cita-cita luhur bangsa Indonesia. Yang berarti merupakan tujuan nasional didirikannya negara kesatuan Republik Indonesia. Untuk mewujudkannya memang tidak mudah. Terlebih akhir-akhir ini banyak ancaman yang terus menghantui bangsa Indonesia. Mulai dari terorisme, korupsi, radikalisme, kriminalitas, dan sebagainya. 

Namun kita semua harus tetap optimis, jangan sampai gentar dengan ancaman-ancaman itu. Apapun yang terjadi harus kita hadapi bersama . Dengan modal sosial yang bangsa ini miliki mari satukan tekad, bersama wujudkan cita-cita bangsa yang juga merupakan amanah dari the founding fathers kita. 

Seperti pesan Bung Karno, bahwa kemerdekaan adalah jembatan emas. Kemerdekaan bukanlah akhir dari perjuangan bangsa Indonesia. Namun merupakan jalan untuk mewujudkan cita-cita bangsa sebagai tujuan luhur kita bersama. Salam merdeka untuk kita semua. Sekali merdeka tetap merdeka!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar